Laman


Kamis, 23 Februari 2012

Cara Mudah Menggunakan Fungsi Terbilang Pada Microsoft Excel

Belajar Microsoft Excel. Kali ini saya akan coba memposting rumus terbilang pada microsoft excel. Salah satu pekerjaan saya di kantor adalah membantu bendahara untuk membuat laporan keuangan di sekolah, pekerjaan tersebut tentu saja berkaitan dengan angka-angka. Nah fungsi rumus terbilang ini adalah menterjemahkan angka-angka tersebut tadi menjadi huruf secara otomatis, hal ini tentu saja memudahkan dan menghilangkan kemungkinan kesalahan jika kita menuliskannya secara manual.
Contoh :

-   ketika kita mengetik angka 20.000.000, maka jika kita memasukkan rumus fungsi terbilang tersebut, secara otomatis akan tertulis dua puluh juta pada kertas kerja kita. Memudahkan pekerjaan kita bukan???  Lalu bagaimana caranya??? Langsung saja kita ke TKP.

1.     Pertama anda harus men download file terbilang.xla disini 


2.    setelah selesai, pindahkan/ copy terbilang.xla hasil unduhan tadi ke drive C (tempat dimana anda menginstal microsoft office) -> buka program files -> microsoft office -> Office12 -> XLSTART  (pindahkan/ copykan disini). Lihat Gambar di bawah :







3.    Setelah selesai, buka microsoft excel anda dan coba anda ketikkan angka disalah satu cell, misalkan anda mengetik di cell A1 : 21.500.000.

4.    kemudian ketikkan rumus di cell lain : =terbilang(A1) -> (ket : A1 adalah tempat cell dimana angka 21.500.000 tadi diketik.)

5.    hasil dari cell yang kita ketikkan rumus tadi adalah sbb : dua puluh satu juta lima ratus ribu. Lihat gambar di bawah :


Selesai,,, Semoga Bermanfaat......

5 komentar:

  1. terima kasih gan atas infonya


    www.halimhandmade.web.id

    BalasHapus
  2. Trim's gan....., dah berbagi ilmu.....

    BalasHapus
  3. Trimakasih bantuan dan tutorialnya mudah dimengerti ...

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmatNya kepada Mas Pelita Hakim, teruslah berkarya..

    BalasHapus
  5. trims mas, bermanfaat dan ga ribet, salam dari kalteng

    BalasHapus